10 Rahasia Sehat Saat Usia Bertambah

Walaupun usia dan kondisi kesehatan tidak berkaitan langsung, namun keduanya tidak bisa dipisahkan. Proses penuaan merupakan hal alami yang terjadi pada setiap orang, namun jika anda menyikapinya dengan tepat, maka anda tidak perlu khawatir lagi soal kesehatan anda.

Berikut 10 Rahasia Sehat Saat Usia Bertambah

1.      Bebas stres
Studi membuktikan stres kronis dapat meningkatkan level kortisol yang dapat mengurangi massa tubuh, kepadatan tulang, dan juga meningkatkan penumpukan lemak di perut. Stres juga bisa menstimulasi berbagai penyakit yang terkait dengan penambahan usia seperti osteoporosis, Alzheimer, dan sindrom metabolisme tubuh.

2.      Makan secukupnya dan jangan berlebihan
Ada keterkaitan antara usia dan pola makan. Makanan merupakan sumber energi yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan vitalitas termasuk untuk membuat Anda berenergi dan selalu segar serta merasa muda bergairah. Wajah kita merefleksikan apa yang kita makan. Seiring bertambahnya usia, level hormonal dalam tubuh mengalami perubahan, metabolisme cenderung menurun. Jadi, dengan bertambahnya usia akan lebih baik untuk makan dalam porsi kecil agar metabolisme tetap stabil.

3.      Banyak senyum
Semakin sering Anda tersenyum, wajah Anda semakin terlihat awet muda. Semakin bertambah usia, otot-otot terutama di wajah semakin mengendur. Senyuman dapat membantu mengencangkan otot wajah dan membuat wajah terlihat lebih kencang dan muda karenanya.

4.      Bijak pilih makanan
Pilih makanan yang kaya mineral juga asup lebih banyak sayuran segar. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, produk susu, dan daging-dagingan membuat sistem tubuh melemah dan menyebabkan penuaan dini.

5.      Pentingnya enzim
Enzim merupakan komponen vital untuk mendukung penuaan sel dalam tubuh. Pastikan Anda makan dari bahan makanan yang kaya enzim, lebih banyak mengonsumsi salad atau sayuran yang tak dimasak matang, dan tingkatkan konsumsi buah. Saat mengunyah makanan, lakukan perlahan untuk melepas enzim dan mencegah stres pada sistem pencernaan. Ketika makanan Anda dicerna dengan sempurna, sirkulasi darah dan nustrisi ke kulit semakin meningkat. Hal ini membuat Anda lebih sehat, awet muda dan bebas kerut.

6.      Asup lemak baik
Lemak dibutuhkan oleh tubuh, jadi pastikan asupan harian Anda mengandung lemak baik seperti asam lemak Omega-3. Lemak baik ini dibutuhkan otak dan berkaitan dengan fungsi kognitif tubuh, serta mencegah terjadinya inflamasi dan kolesterol tinggi. Sumber lemak baik di antaranya salmon, tuna, kenari dan minyaknya, sayuran hijau, biji rami dan minyaknya.

7.      Olahraga
Tak ada yang menyangkal bahwa olahraga bikin sehat. Lakukan latihan fisik yang bersifat kardio setidaknya tiga kali seminggu. Kebiasaan ini dapat menyehatkan jantung dan menghantarkan oksigen lebih banyak ke seluruh sel dalam tubuh. Olahraga sederhana seperti jogging dan jalan kaki dapat menjadi pilihannya.

8.      Tertawalah
Tertawa memicu perubahan fisik yang menyehatkan pada tubuh. Aktivitas yang membuat hati senang dan pikiran lebih segar ini mengurangi hormon stres dan meningkatkan sel imun dan antibodi untuk mencegah infeksi, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Tertawa juga meningkatkan kerja pembuluh darah dan memperlancar aliran darah, serta membantu tubuh melepas endorphin.

9.      Seimbangkan tubuh, pikiran, dan jiwa
Pendekatan holistik juga dibutuhkan untuk menyeimbangkan tubuh, pikiran dan jiwa Anda. Setiap kali merasakan sakit secara fisik maupun psikis, stres karena pekerjaan dan berbagai tuntutan hidup lainnya, obat bukan satu-satunya solusi. Anda bisa memulihkan diri dan mengatasi berbagai gangguan fisik dan emosi dengan cara holistik, dengan memberikan perhatian lebih pada diri Anda.

10.  Buat makanan sehat kreasi Anda
Anda bisa menciptakan sendiri makanan sehat untuk mengatasi penuaan. Salah satunya, membuat makanan yang mengandung minyak kelapa mentah yang diklaim memiliki manfaat anti-aging dan meningkatkan sistem imun, serta membentuk kolagen sehingga kulit terlihat lebih sehat.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Tinggalkan jejak Sahabat di Bawah ini. Buat Sahabat yang Mempunyai Blog Insya allah saya kunjungi Balik