Manfaat Mengunyah Permen Karet

Permen karet merupakan jenis permen yang banyak digemari karena dengan mengunyah permen karet akan menimbulkan keasikan tersendiri bagi penikmatnya. Tapi tahukah Anda bahwa permen karet memiliki manfaat terhadap kesehatan seseorang?

Kegiatan mengunyah permen karet ternyata dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Berikut manfaat mengunyah permen bagi kesehatan seperti dikutip dari onlymyhealth, antara lain:

1. Meningkatkan Kekuatan Mental
Permen karet dapat meningkatkan aktivitas otak dan menurut beberapa psikolog permen karet dapat meningkatkan satu memori. Telah dilakukan sebuah studi di mana sekelompok orang dibagi menjadi dua kelompok secara acak, satu kelompok diminta untuk mengunyah permen karet dalam jangka waktu tertentu dan yang lainnya tidak. Hasilnya adalah kelompok yang makan permen karet memiliki skor tes yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Stimulus pada otak dalam menyimpan memori mungkin berhubungan dengan gerakan mengunyah. Ketika Anda mengunyah permen karet, hippocampus (bagian otak yang mengontrol memori) akan dirangsang. Selain itu, permen karet dapat meningkatkan detak jantung dan membantu memberikan oksigen ke otak secara efektif.

2. Membantu Membakar Kalori
Permen karet dapat membantu membakar kalori, terutama jika permen karet yang Anda pilih adalah yang bebas gula. Permen karet mungkin merupakan salah satu solusi untuk menurunkan berat badan. Selain itu, permen karet bebas gula mengandung kalori sangat sedikit yang akan menjadi makanan ringan yang ideal.

3. Mengurangi Stres
Permen karet dapat membantu seseorang melawan stres. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet selama ujian atau saat belajar akan lebih tenang dan tidak grogi.

Mengunyah permen karet dapat mengurangi tingkat kortisol (hormon stres) dalam tubuh. Kortisol adalah hormon yang dilepaskan ketika tubuh dalam keadaan tegang, sehingga menyebabkan stres.

4. Meningkatkan Kesehatan Mulut
Permen karet bebas gula dapat meningkatkan kesehatan mulut Anda karena merangsang produksi air liur, yang merupakan salah satu sumber utama yang menjaga mulut tetap sehat. Air liur memiliki sifat antibakteri yang dapat menyiram sisa-sisa makanan, gula dan asam berbahaya lainnya dalam mulut Anda.

5. Meningkatkan Pencernaan
Jika Anda terbiasa mengunyah permen karet setelah makan, Anda akan cenderung memiliki pencernaan yang sehat. Permen karet membuat Anda menelan air liur berulang kali karena peningkatan produksi air liur, sehingga memungkinkan asam pencernaan untuk turun ke perut dan memulai pencernaan.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Tinggalkan jejak Sahabat di Bawah ini. Buat Sahabat yang Mempunyai Blog Insya allah saya kunjungi Balik